Potty Training-nya Endolita

Btw, ini harusnya jadi ceritanya bude sih, tapi whatever lah hahahaha. Berkat keuletan dan kesabaran Bude dalam mengajarkan potty training ke Endo patut ditauladani. Lama juga soalnya cuy, setahun. Kalau aku udah misuh-misuh ga sabaran deh kayanya.

Aku sih dulu belum niat-niat banget buat ngajarin Endo potty training karena aku percaya bahwa semua akan bisa pipis di toilet pada waktunya. Halah. Ya maksudnya, entaran dia juga bakalan nyadar dan ga nyaman pake pospak mulu gituuu. Padahal bahwa sesungguhnya, setelah menyapih, potty training adalah PR selanjutnya bagi ibu-ibu.

[baca : Menyapih Endo Part 1 & Part 2]

Tapi yekan kalo ga dimulai kapan bisa berhentinya (labil). Setelah bersama Bude, Endo mulai diajarkan ga pake pospak, pake training pants aja dan berusaha belajar pipis di toilet. Some says bahwa dengan potty training juga bisa sekaligus mengajarkan bicara pada anak, at least bicara “Mom, aku pipis”.

Seperti yang diajarkan teori potty training pada umumnya bahwa kita harus pintar “membaca” jam pipis si anak (urusan ngajarin pipis aja kita harus peka ya apalagi soal perasaan, eaaa eeaaa), Endo diajak pipis tiap dua jam sekali. Mau ga mau pipis ya diajak ke toilet.

Betapa sabarnya Bude ngajak Endolita ke toilet tiap sejam atau dua jam sekali. Meskipun ga pipis. Kecolongan keburu pipis di celana juga ga masyalah. Itu ya lama-lama,  training pants juga tetep merembes -_- kayanya daya serapnya makin lama makin berkurang gitu.

Selama sama bude di weekday, aman. Endo pake pospak cuma pas abis mandi sore aja terus ganti lagi pas mau bobo malem atau pas mau pergi-pergi. Nih sama emaknya emang pengacau nih ibu-ibu satu ini, aku failed kadang suka ga mau ribet, kalo lagi cape banget pengen leyehan di weekend, yaudah balik lagi pake pospak seharian, meskipun ada kaya perasaan bersalah gitu juga sih. Tapi kan aku penganut semua akan bisa pipis di toilet pada waktunyaa *ngelesss*

Perjuangan aku dan Bude sabar dan telaten dengan potty trainingnya Endo pada akhirnya berhasil, sudah seminggu ini Endo dengan sempurna pipis dan pupup di toilet tanpa kecolongan pipis di celana. Sekarang kalau mau pipis udah bisa bilang “mau pipis” terus buka celana, pipis sendiri malah kalo dia lagi ga males, cebok sendiri.  YEAAAYYYYY~~ daaaannn pake pospak cuma pas mau bobo dan kalo lagi pergi aja. Endo hebat, Mamak jadi hemat! Cihuy!

Baru kemarin banget dapat cerita dari Bude, Endo bilang “ee, sakit perut, mau pakai kayu putih” karena beberapa hari ini suka bilang sakit perut dan minta pakai kayu putih, sama bude cuma dianggap emang minta pakein kayu putih doang. Endo bilang lagi mau pipis, Bude bilang yasudah pipis sendiri ya, cebok sendiri. Ke kamar mandi lah dia, pipis sendiri, cebok sendiri.

Yasudah ya, Bude dan Endo setelah pipis itu mereka menjalani sisa hari seperti biasanya tanpa rasa curiga. Eh pas mau mandi sore ternyata Endo beneran pupup sendiri cebok sendiri ituuuu bukan pipisss.. Endo udah bisa pupup dan cebok sendiri. Yeaa meskipun belum sempurna lah yaa..

Nahhh.. Kalau sama aku di weekend juga sudah mulai bekurang kemalasanku yaaaa hore juga dong, jadi sudah ga dipakein pospak seharian. Yang masih zonk adalah, ketika Endo keliatan udah mau pupup aku ajak ke kamar mandi eh malah ga jadi pupup dia, malah nangis kaya yang stres gitu. Apa mungkin dia kaget duluan karena akunya riweuh dia pupup >.< Kan aku kesian ya, malah jadi menghalangi kebutuhan manusiawi anakku coba. Kalau begitu ujungnya aku pakein pospak lagi deh.

Yang penting dia pupup dulu, abis itu pake celana biasa lagi. Meskipun gagal pupupnya pagi, dipakein pospak, eh malah pupupnya entar malem. -__- ketipu mamak.

Ya gitulah ceritanya Endolita udah bisa pipis di toilet pada akhirnya. Ga ada yang seru juga sih ya ceritanya. hahahaha.. Kalau mau cari tips potty training berarti jangan baca ini karena aku cuma bisa mengajarkan bahwa harus konsisten sesuai yang dilakukan Bude.

Yang masih PR buatku adalah belajar pipis ke toilet pas bobo malem, ini sih PR buat aku banget gabisa dibantuin Bude, hahahaha..

[baca : Tips Menidurkan Bayi Ala Mamindo]

 

Leave a Reply