Apa Itu Kokedama?

Siapa yang sudah adopt tanaman-tanaman kekinian yang bisa bikin rumah segar dan berbinar-binar? Eh tanaman kekinian tuh emangnya apa aja sih? cek disini dong dong dong. Aku sudah adopt beberapa, kaya english ivy, kaktus dan antanan.  Nah karena aku begitu tak berpengalaman dalam mengurus tanaman, si english ivy ini aku pilih yang berbentuk kokedama deh. Yang aku beli hampir gampang semua sih perawatannya, kaya kaktus kan cuma butuh sinar matahari *sembari jarang ku siram*


Selain ambil kaktus yg (harusnya) gampang perawatannya, aku juga ambil kokedama. Karena pengalaman mengurus tanaman belum begitu cihuy.

Btw kokedama itu apa? ko kaya baru denger yak. Samaaaaa… akupuuunnn.. baru tau ada kokedama dalam waktu dekat ini.

Kokedama berasal dari jepang, koke artinya lumut, dama artinya bola jadi kokedama adalah bola lumut, kalau bola coklat, dimakan. ekekekeke.. krik.

Kokedama itu teknik menanam dengan media lumut. Biasanya kita menanam di dalam pot dengan media tanah. Nah, kokedama ini justru bisa ditanam tanpa pot karena sudah ada lumut sebagai “rumah”nya.

Kokedama termasuk tanaman yang bisa disimpan di dalam ruangan, cocok banget buat yang pengen rumahnya keliatan asri tapi ga perlu cape bolak balik gotong keluar rumah buat nyiram or becek-becekan air bekas nyiram.

Cara menampilkan kokedama juga bisa bermacam, digantung, cantik. Disimpan di meja apa adanya tanpa pot juga bagus, kalau ditambahkan pot juga tak mengapa. Tinggal disesuaikan dengan kebutuhan kita untuk dipajang dimana.

Tips nya, untuk kokedama gantung jangan lupa pakai tali warna warni supaya cantik. Makrame bisa jadi pilihan :3 cantikkk bisa punya hanging garden

hanging kokedama

 

kokedama meja

source : pinterest

Pada dasarnya hampir semua tanaman bisa dibuat kokedama, asal masuk akal ukurannya. Kalau kaya beringin gitu dibikin kokedama……..hmmmm…. sama tanaman air, ga bisa dibuat jadi kokedama. lol.

Kalau sudah adopt, cara merawatnya gampang banget. Tinggal semprot pagi dan sore serta jangan lupa bola nya direndam di air 3 hari sekali. Ga bikin repot. Jangan disimpan langsung kena matahari, namun tetap harus kena matahari yang cukup.

Tertarik adopt kokedama? Aku rasanya pengen nyoba bikin deh nanti, sepertinya seru kalau bikin sendiri. Kebetulan pengen nanam pohon toge, dibikin kokedama aja sekalian.

Ada yang mau share tentang kokedamanya atau ada yang pernah buat sendiri? Ku tunggu banget ceritanya~~

 

2 Comments

  1. Akmu

    July 27, 2017 at 8:02 pm

    Kokedama?
    (Kakek damang?)

  2. nur rochma

    July 28, 2017 at 1:32 pm

    Ih lucu ya kokedama. Buat ditaruh di rumah pasti rumah jadi tampak lebih segar.

tulislah komentar pada tempatnya, yuk!