[WEEKEND COOKING] Resep Soto Seger Khas Boyolali



Lebaran sebentarrr lagi.. eh puasaaa sebentar lagiii.. eeehhh puasa mulai besok.. Udah pada persiapan apa nih menjelang Ramadhan? Baju lebaran? kue lebaran? jadwal buka bersama? jadwal sahur on the road? Aku juga nyiapin apa ya, oh, nyiapin cengek, terigu sama stok tempe buat bikin mendoan yang hampir everyday dibikin :p

Kalau ramadhan memang aku mah paling menghawatirkan soal masak sahur >.< Kalau buka puasa relatif lebih gampang ya, kalau males masak, ya tinggal beli ato ikut buka puasa di rumah orang tua :p Tapi sahur, ga kebayang menunya mau bikin apaan.

Nahhh kebetulan nih, udah beberapa kali kemarin aku coba masak soto seger khas Boyolali. Siapa yang tau soto seger ini? Aku pertama kali coba soto seger ya dimana lagi selain pas mudik ke Klaten, ada yang namanya Soto Seger Mbok Giyem di persimpangan jalan arah Boyolali.

[baca : Klaten P(a)lace to Live in]

Pas dicobain, ihhh enak dan seger benerrrr.. Akhirnya aku coba-coba bikin sendiri, eh ketagihan. Sampe Mamah aku minta bikinin terus.

Bertepatan dengan moment Ramadhan, menurut aku si soto ini cucok banget buat menu sahur maupun buka puasa, kesegaran HQQ banget deh. Mau tau step-step bikinnya? Cekibrot ya

#Bahan

  1. Daging sapi (better yang ada urat-uratnya dikit biar ada krauknya, coba sengkel) potong kecil
  2. 4 siung bawang putih
  3. 6 siung bawang merah
  4. 1 sendok teh merica atau sesuai selera
  5. Kurleb 1 ruas jari jahe, geprek
  6. 1 batang sereh, geprek
  7. Sedikit lengkuas, geprek
  8. 2 lembar daun salam
  9. 3 lembar daun jeruk
  10. 1 buat tomat merah besar, potong menjadi 2 bagian
  11. 1 batang daun bawang, potong kecil
  12. Seledri, cincang halus (untuk taburan)
  13. Bawang goreng (untuk taburan)
  14. Toge/tokol
  15. air kaldu sisa rebusan daging
  16. Gulgar

#Cara Membuat

  1. Haluskan bawang merah, bawang putih dan merica
  2. Tumis bersama dengan jahe, lengkuas, sereh, daun salam dan daun jeruk
  3. Setelah harum, masukkan air kaldu sisa rebusan, tunggu sebentar
  4. Masukkan tomat dan potongan daun bawang dan dagingnya
  5. Tambahkan garam, gula, dan penyedap jika suka, koreksi rasa. Aduk-aduk
  6. Tunggu hingga mendidih
  7. Jika sudah matang, hidangkan dalam mangkok : nasi, toge, irisan seledri dan bawang goreng, lalu siram dengan soto yang masih panas
  8. Jangan lupa sambal, jeruk dan kerupuk.. Yummmiiii

Itu dia resep soto seger khas boyolali, enak deh bahkan buat ukuran pemula seperti aku juga rasanya ga gagal-gagal banget :p Pas buat sahur bikin jadi melek.

Share juga dong resep masakanmu buat sahur or buka puasa

Last but not least, selamat menjalankan ibadah puasa yaaa.. semoga Allah Subhanahu wa ta’ala memberikan kelancaran dalam beribadah buat kita semua~~

Marhaban ya Ramadhan

7 Comments

  1. Marini

    May 26, 2017 at 10:37 pm

    Woooow mau nyoba reseo buopi ini ah

    Haturnuhun, selamat puasa ya semoga ibadahnya lancaaar jayaa <3

    1. opipolla

      May 27, 2017 at 3:59 am

      harus cobaa.. ini enak banget nget ngettt

      selama berpuasa juga teh ien.. maaf lahir batin yaaa

  2. Dila

    May 29, 2017 at 12:14 pm

    ini emang sueger bgt mbaa! blm pernah bikin sih, tp sering jajan ini ada deket kantor wkwkw. thanks for sharing :), salam kenaaal ~

    1. opipolla

      May 31, 2017 at 12:18 pm

      mesti coba bikin ayooo
      enak banget, dan aku blm menemukan yg jualan ini di Bandung T_T *entah akunya yg kudet :p*

  3. Fanny f nila

    May 30, 2017 at 7:54 am

    Ini soto favoritku tiap ke solo.. Walo asalnya bukan dr sana, tp bnyk juga gerainya.. :).. Mana murah, tp rasanya sumpah enak bgt.. Malah lbh enak dr soto2 yg lbh terkenal di solo :D. Pilihan kuliner pertama kalo mudik solo, pasti deh soto seger mbok giyem ini :). Eh tp udh pecah kongsi dan jd 2 nama ya skr..

    1. opipolla

      May 31, 2017 at 12:19 pm

      wah malah saya ga tau mbak kalau udah ada 2 kongsi kaya ayam suharti gitu kali yaa…
      sama mbak, kalau pulang Klaten wajib banget mampir soto seger mbok giyem :3

  4. Ahmad

    June 15, 2017 at 4:56 am

    mau nyoba ahhh resep nya

tulislah komentar pada tempatnya, yuk!