Trend Tanaman Kekinian

Jadi di tahun ini adalah tahun pembangunan buatku. Setelah membangun biduk rumah tangga *caile*, mulai sekarang kami sedang merencanakan untuk membangun rumah *finally*. Masih jauh sih, tanahnya pun masih berbentuk kebun dan kolam ikan. Bikin sumur pun baru dimulai hari ini.

Tapi dasar kegatelan, rumah belom jadi udah ngeceng pernak pernik rumah mulai dari bantal imut, lampu hias, wall sticker, wall paper, furniture, sampe tanaman penghias rumah. Ya apalagi atulah, urusan struktur dan bangunan udah di handle Papatunk, yang bakalan sering ke lapangan. Aku kebagian urusan desain interior.

Nah setelah lokit lokit sana sini, aku baru concern ke tanaman penghias rumah. Karena printilan yang lain kayanya belom kebayang sebelum desain 3D nya selesai, aku menemukan beberapa tanaman yang kayanya must have item banget harus ada di rumah saat ini.

Trend tahun ini lebih banyak ke daun-daunan sih dan lebih ke tanaman indoor, mungkin karena dedaunan itu lebih long lasting dibanding yang berbunga. Ini beberapa tanaman yang kutemukan selalu ada di setiap rumah kekinian:

1. Monstera

Monstera ini lagi jadi ratu banget di kalangan rumah masa kini. Kerap muncul kalau lagi main polyvore sebagai hiasan, si monstera ini pasti selalu sold out dijual di instagram bahkan sampe waiting list.Ā Kenapa dinamakan monstera? karena eh karena daunnya bolong-bolong, bolongnya dimulai dari tengah pula. Kan aneh mungkin jadi kaya ada monster pemakan daun, eh. Monstera juga punya nama lain, kalau di Amerika yaitu swiss cheese plant, kalau di Indonesia terkenal dengan nama tanaman “janda bolong”, disingkat jadi jalong dong. Elah.

Monstera ini termasuk tanaman tropis dan bisa tumbuh dengan baik kalau tidak terkena sinar matahari langsung jadinya cucok banget disimpen di dalam ruangan.

Ada dua jenis monstera yang bisa kita adopt, Monstera Deliciosa, yang daunnya bolong sampe akhir. Ada juga Monstera Obliqua, yang bolongnya cuma sampe di tengah. Lucuan yang mana? Lucuan yang nulisnya. Ahak.

source: pinterest
Monstera deliciousa // source : pinterest
Monstera obliqua // source : pinterest

2. Kaktus

Who knows ternyata kaktus kembali trend? Aku yang dulu tidak terlalu begitu menyukai kaktus, eh sekarang ko ngebet pengen adopt kaktus buat dipajang di kantor.

Siapa yang nolak kalau tampilan kaktus sekarang unyu begini

source : pinterest

Tapi aku ngeceng kaktus yang tinggi-tinggi.

source : pinterest

Dulu waktu SMP pernah adopt kaktus tapi berakhir tragis, kaktusnya busuk šŸ™ Pantang menyerah, SMA coba adopt lagi, sama, busuk lagi. Kapok dah.

Nah sekarang pengen coba lagi deh adopt. Untuk menghindari kegagalan untuk yang ketiga kalinya,Ā si kaktus ini harus terkena sinar matahari langsung dan jangan sering-sering disiram, palingan cuma disemprot. Prot.

Kalau mau disimpan di dalam ruangan, sangat boleh, asal minimal 3 hari sekali tetep dianginkan dan disemprot. Prot. Lalu masukan lagi deh ke dalam ruangan. Intinya sih si medianya ndak boleh lembab.

Markiba, mari kita coba. Segera

3. Philodendron

source : pinterest

Ini dia nih tanaman yang bertebaran di kantor akoh, bisa dapat gratisan sih harusnya. Ahak.

Singkat cerita *halah* philodendron ini bisa tumbuh dimana saja. Hmmm pantesan dia bertebaran dimana saja semau dia, cumaa alangkah lebih bagus kalau tumbuh di dataran tinggi, posturnya akan tambah kompak dan daunnya akan tambah hijau pekat. Beda kalau dia tumbuh di tempat yang lebih panas, bisa-bisa malah jadi kuning kerontang. Eh kering kerontang.

Maka dari itu, si philodendron ini cocok juga jika disimpan di dalam ruangan. Tahan dengan AC dan tak masalah jika tidak terkena matahari langsung. Philodendron jugaĀ bermanfaat menyehatkan udara ruangan, karena doi mempunyai fungsi menyerap polutan dari udara. Menyerap omong kosong bisa ga ya..

4. Sansevieria

Nahhh ini dia si tajam lidah mertua. Heiiyyy nama tanaman lidah mertua memang lebih terkenal dibanding sansevieria, selain susah dilafalkan juga sih. Lol. Tapi ada juga yang menyebutnya dengan “snake plant”. Masuk lah karena memang sekilas mirip ular. Malah lebih mirip ular yak daripada lidah >.<

source : pinterest

Ternyata lidah mertua ini manfaatnya banyak looooohhh *ampe manyun*, mampu menyerap radiasi barang elektronik, jadi main hapenya deketan ama lidah mertua. Sebagai bentuk aroma therapi, setiap sore bunga lidah mertua akan mekar nah disitulah dia mengluarkan aroma khas yang menenangkan hingga dapat meredakan stress. Mungkin karena ini pula, lidah mertua biasa disimpan di kamar tidur, soalnya punya efek menenangkan dan membuat tidur jadi pulas.

Seperti philodendron, lidah mertua ini juga punya fungsi menyerap polusi udara dan kaya akan produksi oksigen. Jadi kalau di sekitarmu ada perokok, harus banget nanam lidah mertuaĀ ini lalu suruh merokok dekat dengan tanamannya sambil mikir lagi diceramahin ama mertua.

Cucok.

5. English Ivy

source : pinterest

English ivy ini adalah jenis tanaman merambat. Daunnya bagus, mirip dengan daun maple jadi bisa ala-ala Goblin gitu *maksa*. Bisa ditanam di media tanah ataupun di air. Lucu kan sama-sama lagi ngetrend juga tuh nanam di gelas or botol-botol kaca.

English ivy ini sama kaya lidah mertua, merupakan tanaman pembersih udara. Buat yang punya asma boleh juga dicoba adopt english ivy buat di rumah.

6. Sirih gading

Sama seperti english ivy, sirih gading atauĀ Epipremnum aureum adalah tanaman merambat. Kebanyakan orang nyimpennya digantung ato disimpen di pot di atas rak, jadi jatuhnya lucu banget menjuntai-juntai ke bawah. Uuunch..

source : pinterest

Sirih gading ini cukup bandel ditanam dimana saja, bisa di media tanah maupun air. Cara nanamnya juga lumayan mudah, cukup dipetik batangnya terus ditanam deh di media yang kita inginkan. Mungkin yang ga bisa cuma di sosial media aja sih. Ehe. Byur disiram saking garingnya.

Yang paling penting adalah, selain dipakai buat penghias ruangan dan taman, sirih gading ini juga berfungsi menyerap racun di udara dan mengeluarkan oksigen dengan maksimal.

7. Peace Lily

Berbeda dengan yang tanaman lain yang cuma dedaunan doang, peace lily ini punya bunga. Ada merah dan putih. Tapi aku lebih suka yang putih *as always*

source : pinterest

Termasuk top ten air purifying versi on the spot, kayanya perlu juga punya peace lily di dalam ruangan. Selain cantik ada bunganya tentu saja. Peace lily ini termasuk yang bisa disimpan di dalam ruangan, tak perlu banyak terkena sinar matahari karena peacy lily hanya perlu ruangan yang cukup lembab tapi ngga terlalu benyek. Lah?!

Yah maksudnya jangan terlalu basah, cukup disiram jika media tanamnya kering. Kalau masih lembab, cukup disemprot aja. Prot.

Nahhh itu dia beberapa tanaman yang lagi happening saat ini, kebanyakan indoor sih ya. Sepertinya saat ini memang trend nya ke healthy living, termasuk healthy environment.

Kalau lingkungannya juga sehat badan kita juga mestinya ikutan sehat dong. Seperti kata pepatah, mensana in corpore sano, kamu disana aku disono.

Ga nyambung emang. Tau.

Kalau kalian mau nanam yang mana nih? Share dongs!

Published by

6 thoughts on “Trend Tanaman Kekinian

  1. Cantik-cantik yah! Jadi pengen adopt sirih gading trus potnya ditaro di gantungan macrame yang tak kalah kekinian itu ā¤ Pertanamanan byutiful ini bisa dibeli di mana ya Buopi??

    1. iyaa sirih gading cantik aneeuuutt.. gantungannya lucu2 juga ya ada yg warna warni gituh, disamain ama warna potnya <3

      aku liat2 kemarin di IG @growandgrow.id, @planboxid, kalau di bandung ada @rumahidup
      cusss beli teh syn :3

    1. di hatimuuu~~~

      di ekek vaaaa.. di rancakihiang šŸ˜€
      aev bangun rumah oge kan? dimandosee? apakah kita bertetangga?

  2. aku jugaaaa mau adobt adobt taneman. tapi lagi nyari taneman yang tidak disukai ayam. karena aku mau pelihara ayaaaaam juga.. ayam kate mini mini yang kalo berkokok aja perlu usaha banget itu <3

    anyway lancar lancar bangunnya ya buopiiii <3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *