Be Strong, Enesh!

Pagi ini, aku dikejutkan dengan tag postingan fb temen sekelas waktu kuliah dulu di POLBAN (Politeknik Negeri Bandung ya, bukan Polisi Bandung) tentang sahabat kami yang dengan sangat sabarnya menemani suaminya yang sakit.  Aku shock karena aku baru tau keadaan suaminya ternyata semakin memburuk, yang bikin aku sedihnya karena aku ga tau kalau suaminya ternyata sakit sejak satu tahun yang lalu.

Setahun yang lalu suami Enesh divonis mengidap penyakit TBC (TB-Paru), maag akut yang menyebabkan malnutrisi berat, dyspepsia, juga dehidrasi. Begitu aku baca postingan itu, ko rasanya ya hatiku meleber, bukan merembes lagi tapi udah sampe tumpeh-tumpeh saking sedihnya. Tapi aku salut sama Enesh, ya Allah, temanku si lady rocker itu sungguh sangat tabah tidak pernah mengeluh menemani suaminya, satu tahun kayanya bukan waktu yang cukup sebentar ya..

Aku jarang sekali buka facebook, buka pun paling cuma kalo di tag sisanya bablas. Tadi siang, aku menyempatkan main ke facebook Enesh, ternyata… dia sudah memposting perjuangan dia dan suami sudah lama dan sangat jauh dari kata mengeluh. Masyaa Allah, Enesh mah Insyaa Allah calon bidadari surga. Amin amin…

Masih bikin status lucu tentang dietnya yang selalu gagal, tentang mimpinya jadi milyuner dan banyak uang. Ah dasar kamu Kenesh!

Membayangkan diri ini jika ada di posisi itu pun rasanya ko ya ga kuat, apalagi kalau terjadi, Masya Allah… bisakah aku terima, sabar seperti Enesh? belum tentu.

Yakin bisa ikhlas?

Yakin bisa sabar?

Yakin kita ga akan kesel?

Yakin kita ga akan marah-marah?

Yakin kita masih bisa senyum ketika membantu suami?

Enesh hebat.

Harus jadi istri sekaligus ibu dari balita 15 bulan dengan kondisi yang sangat luar biasa butuh kesabaran dan kekuatan yang ekstra sungguh membuat Enesh sangat menginspirasiku. Jangan mudah mengeluh, tidak mudah tapi…… ya pokonya jangan mengeluh.

Allah tau Enesh mampu, makanya Enesh dikasih ujian seperti itu. Insyaa Allah ladang pahala untuk Enesh, Allah sedang menaikkan derajat Enesh dan keluarga.

Published by

12 thoughts on “Be Strong, Enesh!

  1. Membacanya hampir mengeluarkan airmata.. memang luar biasa temen mbak itu.. semoga selalu diberi kesabaran kekuatan, dan sebagai ladang amal serta penggugur dosanya ya mbak..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *