[WEEKEND COOKING] Intip Kerak Nasi

Udah taukah kengkawan kalau di Klaten ada yang namanya Intip? bukan ngintip nanti bintitan kaya saya. Intip itu adalah bahasa jawa dari kerak nasi. Loh AADK? Ada Apa Dengan Kerak nasi? *haiyah* Kerak nasi ini ternyata enak banget bro kalo digoreng! Suatu penemuan yang luar biasa dari tanah Jawa *terharu* dan intip ini adalah paporit Papatunk banget, ampe tiap pulang minta beli intip, tiap adek ipar ato ibu-bapak main ke Bandung nitipnya intip.

Intip ini aselinya dari Solo, di Klaten juga ada sih di Jogja juga ada, iya secara Solo-Klaten-Jogja ini kan satu rumpun ((rumpun)) makanan pun rata-rata ga jauh beda. Nahhh biasanya intip ini dijual di toko oleh-oleh tapi yang rasanya manis, bentuknya kaya mangkok terus diatasnya disiram kinca, disiramnya dikelilingin gitu deh. Aduh cekibrot gambar dibawah biar lebih jelas.

intip manis
sumber dari sini

Dulu kupikir intip ini sama dengan ranginag karena di Jawa Barat kan terkenalnya ranginang yah, cuma ranginang dibikinnya dari nasi ketan, kalo intip dari kerak nasi. Jaman dulu beneran dibikin dari keraknya nasi, katanya daripada dibuang mending dicoba dijemur terus digoreng, eh beneran enak. Kalo sekarang katanya udah jarang yang ngambil dari kerak tapi ahirnya dibikinnya sengaja dicetak gitu ada pengrajinnya *makanan ada pengrajinnya???*

Cuma Papatunk ga suka yang manis, ternyata ada yang rasa asin gaes dan lebih enak menurut kami. Di toko oleh-oleh biasanya ga dijual, dijualnya di pasar tradisional. Intip asin ini ga kaya intip manis yang tinggal hap mesti digoreng dulu, ngegorengnya juga butuh teknik ga asal cemplung minyak panas bisa ga “kriuk” ntar malah “blentrang” saking kerasnya pas digigit. Aku aja setelah 3 tahun nikah, baru sekarang bisa goreng sempurna tanpa bantuan Papatunk *pliss kayanya emang akunya yang gabisa masak* Ini bentukannya sebelum digoreng, maap gabisa seprofesional food photographer, aku cuma intip photographer 🙁

intip asin
mirip kerak nasi ya? *yaeyyaaaa*

Cara masaknya :

  1. Siapkan wajan beserta minyak
  2. Cetrekin kompor ((CETREKIN)), apinya yg kecil semriwing jangan terlalu panas menggebu. Tunggu ampe panas sendiri, sambil nunggu bisa maskeran ato luluran dulu.
  3. Goreng intip dengan penuh perasaan sampai mengembang. Kadang ga ngembang juga sih, tapi kalo api nya pas dia udah kriuk sendiri.
  4. Setelah mengembang, tiriskan
  5. Masukkan kedalam toples, campur dengan MSG, Mecin Sama Garem biar terasa kelezatannya. Ga ding, garem aja cukup.
  6. Nikmati sambil nonton drakor kesukaan anda
IMG_20160522_120846_HDR
tadaa~~ intip sudah digoreng

Suwer, ini tuh enak banget. Ya kalo lagi ga mau makan leh uga sebagai pengganti nasi kan sama-sama dari nasi cuma keraknya bahahahahah.. makan tuh kerak! -__-

Mamah aku tuh suka juga sama intip, terus kalo lagi pengen dan intipnya ga ada terus Mamah bikin percobaan sendiri dari kerak nasi di rice cooker dan dijemur sendiri. Niaaaatttt… tapi pas digoreng, gatot! bahahahahaha..

Entahlah harusnya aku bikin tutorial bikin intip kali ya bukan tutorial cara masak intip. Tapi kan gimana, levelan aku baru levelan goreng-gorengan, bukan level membuat. wakakakak

udah ah, cek weekend cooking yang lain di sini yak!

Syiaobellek!

4 Comments

  1. Nathalia DP

    May 31, 2016 at 5:31 pm

    saya belum pernah nyobain nih makan intip

    1. opipolla

      June 1, 2016 at 4:43 pm

      harus coba mbaaa.. enakkk banget soalnya
      kriuk kriuk gitu

  2. Winda Carmelita

    May 31, 2016 at 6:06 pm

    Ya ampuun, aku suka ini Mak huahahha kalo di oleh2in dari Jawa Tengah bisa kukekep sendiri, ga kubagi2 :))

    1. opipolla

      June 1, 2016 at 4:44 pm

      enak banget ya mak! aseli sama lah aku jg pengennya mah beli sekarung trus ga dibagi2 hahahha *maruk mode*

tulislah komentar pada tempatnya, yuk!