wordpress atau blogpot

WordPress atau Blogspot?

Jujur aja pas awal mau ngeblog, pasti kita bingung yak milih platform apa yang user friendly, lucu, dan guwe banget. Pilih wordpress atau blogspot. Kan dua itu platform yang paling terkenal dan banyak dipakai oleh bloher sedunia. Ada juga sih tumblr ato saat ini yang lagi naek daun : Steller. Dulu aku milih platform aja bisa berminggu-minggu, mau istikhoroh dulu tapi yamasa iya? emangnya milih jodoh?

Akhirnya dulu kuputuskan pake blogspot yang gratisan dah, biar sekalian sama gmail kan. Lalu sekarang pindah ke wordpress dan berbayar karena biar gaya aja punya blog sendiri, pake dot com. Caileeeee.. Pake wordpress lumayan beda sama blogspot, terutama di bagian plugins-nya, karena wordpress ternyata memang buat profesional sih tapi ga kaget-kaget banget karena website kantor pun pakenya wordpress cuma agak meraba-raba aja kaya di lampu remang-remang, apa coba? random ih.

[baca : Tentang nama opipolla dot com]

Jadi berdasarkan pengalaman Mamindo menjajaki blogspot dan wordpress, ada beberapa hal yang mungkin bisa dipikirkan dulu oleh kengkawan sebelum memilih platform apa yang kira-kira akan dipakai tanpa perlu istikhoroh terlebih dahulu. Tapi inget ini perbandingan versi perempuan yang g mau ribet, pemula pula yang cuma mikirin lucu enggaknya, gampang enggaknya. Udah. -_-

#Blogspot
(+) User Friendly. dari layout, tema, pasang poto profil, tampilannya, template nya, udah disediain sama google nya. Tinggal pilih, drag sana drag sini drag me down, udah jadi selese. Kalo untuk posting juga gampang sih both wordpress sm blogspot.
(+) Tampilannya lebih rapi. Tampilan archive bisa hirarki jadi langsung terpampang dari tahun, bulan sama jumlah postingan kita sehingga memudahkan pembaca buat nyari histori tulisan kita. Label (kategori) tulisan juga rapi asal tinggal klasifikasiin aja dari awal.  Pokonya untuk menu-menu simple yang dibutuhkan blog, lebih simple, teratur dan lucu aja gitu.
(+) Fleksibel. Kalau mau ganti tema gampang sekaleee.. background pun bisa sesuka hati mau pake gambar yang mana dan ukuran kolom-kolom tulisan ato menu nya bisa disesuaikan sama kebutuhan. Misal, mau gedean kolom tulisan ah biar bisa agak panjang kesamping, kolom menu nya mah kecil aja isinya cuma label doang, bisa banget. Ato sebaliknya mau gedean kolom menu ah soalnya poto aku biar bisa maksimal keliatan kecantikannya, bisaaa…
(+) Terintegrasi sama Gmail, G+ sama Google acount. Sekali masuk email udah tinggal login aja ke blogspot. Kaya single sign on gitcuuu… Trus kalau mau subscribe blog nya tinggal join this site via gmail. Nanti feeds nya masuk ke home blog kita bukan ke email. Jadi gakan menuhin inbox (dengan catatan, si empunya blogger nambahin template join this site yeee)
(+) Jaminan keamanan. Ga bakalan kena hack. Iyalah di google atulaahh security nya udah berapa lapis meureuunnn.. termasuk kalo pake domain sendiri, karena hostingan masih dari google nya.

Sekarang minusnya..
(-) Harus ngikut aturan dari google, kalo gak : BYE! diapus ama google nya
(-) Web designer dan blogger jarang yang pake blogspot buat website nya karena kan super simple banget.

#Wordpress
(+) Banyak Plugins! plugins tuh semacam menu yang akan dipasang di blog kita yang bisa ditampilkan di blog ato menu yang akan mengoptimalkan blog kita. Plugins ini yang bikin wordpress sangat profesional (Y). Ningkatin SEO pun gampang tinggal tambah plugin aja
(+) Pilihan tema banyak, dan biasanya menu nya udah bawaan kita tinggal isi-isi doang apa yang udah ada di template temanya. Dan tema nya bisa disimpen buat kapan-kapan kalo pengen ganti. Kalopun ganti, ga akan mulai lagi dari awal.
(+) Banyak dipake oleh web designer. Mungkin karena tampilannya lebih profesional beserta plugin-nya yang segambreng jadi bakal mempermudah para web designer.
(+) Jaminan keamanan. Sama kaya blogspot, keamanan di wordpress juga dijamin. Kalau yang self hosting setau akyu harus bayar lagi untuk security-nya.
(+) Bisa self hosting. Ini yang asik bisa bebas punya hostingan dan domain sendiri jadi full akses tanpa ribet sama aturan dari wordpress nya.

Minusnya….
(-) Kurang user friendly. Buat akyu yah, karena mungkin duluan kenalan ama blogspot yang gampang banget jadi pas dikasih wordpress agak meraba-raba itu tadi. Apalagi mesti cari-cari plugins yang cucok dan sesuai sama yang kita inginkan.
(-) Kurang fleksibel. Harus pinter pilih tema, karena akan menentukan layout dan menu didalamnya. Dan ga semua tema, background nya bisa diganti dengan gambar yang kita inginkan.

*

[baca : blogging things lainnya]

Nahhh itu dia ulasan ecek-ecek dari Mamindo yang cuma menilai platform dari tampilannya aja bahahahaha~~

Kesimpulannya adalah, kalo kengkawan cuma pengen nulis-nulis kiyut refreshing menyalurkan curhatan berbagi pengalaman dan kisah kasih, pake blogspot sudah sangat cukup. Biar ga ribet juga mesti nyari dan install plugins. Nahhh kalo untuk yang profesional buat bisnis, cucok banget pake wordpress karena kehandalan si plugins nya itu. Tapi tak menutup kemungkinan buat syurhat syurhatan juga pake wordpress sih, tergantung selera. sama kaya selera cowo, mau rangga yg puitis ato trian yg kaya dari lahir *eeaa eeaaa.. AADC-minded*

Syip kan? Dengan bahasa seadanya dan acak adut, hope it helps!

Syaobelleekkkkk~~

Published by

40 thoughts on “WordPress atau Blogspot?

  1. Tetep suka WP kemana mana seh akunya. Hihihi. Punya blogspot duluan. Tapi kok ribet ya yang aku rasain. Kalau WP simple. Dashboardnya lebih rapi bgak keramean. Dan kalau komen dibales bisa kelihatan dari notif seh penting juga tuh

    1. setujuuu..wp enak banget kalo bales komeng, eh komen bisa langsung di dashboard. akupun jatuh cinta sama menu wp yg ini >.<

  2. Pertama kali mutusin pake blogspot karena di kantor udah pake wordpress. Tujuan ngeblog salah satunya buat refreshing dari kerjaan. Kalo pake wp lagi, berasa banget kerjanya, hahaha 😀

    1. hebat sekali mbaknyaa.. lebih banyak mencicipi yang lainnya..
      kalo tumblr bawaannya pengen curcol mulu hihihi

  3. Aq pengguna setia blogspot hahaha… Entahlah blm tertarik ke wp disaat yg lain pd hijrah ke wp… Pernah punya tumblr tp yg aq rasain ga seenak blogspot jadi aja ga diurusin hehehe…

    1. oemji dikomen mbak handdriati! aku suka baca blog nya mbak diem2 hihihi (ya masa tereak2 sih)

      aku jg setelah mencoba wp ko malah pengen balik lg ke bp, tapi ribet lagi ah ntar, tapi mau mencoba mencintai apa yg ada *caileee

  4. Awalnya saya pake blogspot, trus pondah ke squarespace, dan skrg pake WP. Udah ga gak mau pindah2 lg.. haha.. menurut saya gampangnya pake blogspot tp skrg malah lebih nyaman wordpress. 🙂

    1. bisa karena biasa ya mba
      aku sedang menikmati pake wp mungkin karena blm terlalu diulik kali ya mba >.<

  5. Saya belum pernah pakai wordpree mba, tapi kata cowok ku yang baru migrasi so far enakan pake blogspot, gak ribet tinggal pasang ini itu.

    Saya juga pakai blogspot dari dlu, sampe akhirnya pindah jadi domain sendri, hhihi

  6. Hampir semuanya setuju, mbak. Satu yg saya suka dari wp, disediakan semacam form password untuk artikel2 yg hanya bisa dibuka oleh sebagian org. Ini saya tahunya dari Sekolah Toefl. Di blogger stau saya gak ada.

    Terus, pengguna wp kalau komen kayak banyak gitu mestian. Apa ada notif ya klo komennya dibalas?

    1. ihhh aku blom tau password2-an gitu mbak, wah harus ngulik lg nih
      kalo wp ada notifnya kan mbak kalo komennya dibales, helpful banget. bp ga ada -_-

  7. Awal ngeblig dulu justru pake wordpress, trus karna pertimbangan lainnya. Sepertk email yang terintegrasi ke gmail dan produk google lainnya, eh trus beralih ke blogspot hihihi 😀

    Syioooobelleeeeek, tfs mamindo. Salam kenal ya ^^

    1. salam kenal juga mbak :*
      iya seproduk ama google, bantu banget ya mbak kalo terintegrasi gitu

    1. akupun dulu pernah punya wp yg gratisan, trus keenakan di bp, tp sekarang balik lg ke wp hahahahah
      ababil -_-

  8. aku sejak awal tetap di blogspot. jadi blum ngerti gimana wp, blog aku yang ini aja kalo mau rubah template mesti minta bantuan. but so far udah dot com sih. nice sharing mba.

  9. Kalau untuk aplikasi mobile, menurut saya WP lebih mudah dan komplit. Ga perlu pakai browser kalau mau buka. Saya suka WP (dulu pakai WP). Tapi akhirnya pakai BS buat beli domain. WP mihil. Hehehe….

    1. yesss, setuju mba
      aku sudah coba wp di hp, lebih stabil dan tampilannya hampir sama ama di website jadi sangat mempermudah

  10. sebelumnya aku punya Blogspot, itu pun karena tugas kuliah, pas mau ngotak ngatik, poho donks… hahahhaa… jadinya sekarang jatuh cinta sama WP hehhee..

  11. Hihihi kalau saya lebih suka pakai blogspot deh mbak soalnya wodpress gratisan jaman sekarang sudah susah keindex gak kaya dulu lagi pokoknya yang gampang sekali keindexnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *