[SHARING] Situs Stock Photo Gratis

Senin ini kebetulan ga ada Weekend Cooking karena jangan tanya saya, HAHAHA udah tau juga jawabannya, saya ga masak yang berarti di weekend ini cuma bikin sayur sop (lagi) dan Cici pun sama lagi ga masak, kalo Cici dimengerti ya kalo ga masak pasti lagi sibuk, kalo eykeu pasti lagi gagal masak T_T *aduh history masak lagi. SKIIIIIIP*
Jadiiiiii.. untuk menutupi kealphaan kami dalam memasak, kali ini saya mau share aja stock photo gratis yang biasa saya pake untuk mempercantik tampilan blog.

Poto-poto di blog ini ga bisa kita anggap cemen ya fungsinya, ga cuman bikin cantik dan menarik hati tapi juga semacam mewakili perasaan konten blog dan postingan kita. Tak bisa dihindari si poto adalah salah satu hal penting buat hidup kita. mulai lebay.
Masalahnya, kadang kan kita ga jago motret sendiri ya, jangankan jago motret, buat motretnya juga waktunya kapaaan?? kameranya juga mesti canggih supaya dapet gambar beresolusi tinggi dan artistik. Problem banget buat emak emak yang ga punya sense of photography kaya akyuh.
Trus kalo misal nyaplok gambar seenaknya di internet, nanti takut kena kasus hukum gegara nyolong poto tanpa credit kumaha? dituntut ratusan juta, padahal uangnya  bisa buat beli rumah real estate. wkwkkwkw.. jangan sampe lah ya..
Trus solusinya gimana? tenaaaang, kita bisa memanfaatkan situs free stock photo, yaitu situs penyedia gambar secara haratis dengan resolusi tinggi juga gambarnya bagus-bagus bingit, dan yang penting kita ga akan kena kasus hukum karena potonya bisa diunduh secara cuma-cuma tanpa perlu minta ijin sama authornya.
Free stock photo ini berada dibawah naungan Creative Commons Zero License (CC0), yaitu organisasi non profit global yang memperbolehkan penggunaan kreativitas (poto, pidio, tulisan, dsb dsb) secara bebas namun legal, artinya monggo aja dipake sesukanya tanpa perlu membubuhkan credit photo.
Ini beberapa situs stock photo gratis dibawah naungan CC0 yang biasa saya pakai buat mengoptimalkan tampilan blog:1. Gratisography
Di first page nya aja udah ada tulisan free of copyright restriction, sudah jelas poto yang ada di situs ini mah free to use, bengbas sis. Memang sih jumlah potonya tidak sebanyak situs yang lain, tapi dia punya ciri khas dan potonya unik-unik.

free stock photo
gratisography.com

2. Pexels

Mau cari poto apa sis? semua bisa ditemukan di Pexels dan tentunya high resolution. Banyak kategori untuk memudahkan mencari poto yang dinginkan, berharap menemukan poto terbaru mantan ada disini ga? *baperrrr, bapeerrr*
Poto-poto disini di update setiap harinya, jadi ga akan sampe kehabisan ide yang ada mah bingung mau make poto yang mana soalnya lucu semua banyak pilihan. Hahahaha.

 

situs foto gratis
pexels.com

3. Pixabay

Katanya sih stok potonya lebih dari 560juta, tapi saya belum buktiin, cape cyint bukain satu satu maaaah.. :p

Disini selain ada poto juga ada vectors, illustration, dan video. Lengkap kap kap.

situs poto gratis
pixabay.com
4. Unsplash
Ini salah satu alternatif situs lain buat nyari poto yang diinginkan, update poto terbaru setiap harinya bikin kita keleyengan juga milihin yang bagus, sampe ahirnya ga ada yang dipilih. Hahaha. Ngga ding. Bejanda..

situs poto gratis
unsplash.com

Nahhh jadi itulah berbagai sumber darimana poto-poto bagus di blog ini berasal, terima kasih untuk para penggiat CC0 dan para narasumber yang rela kreativitasnya dibagi secara cumi cumi *sun jauh satu satu*

Seandainya ga ada poto gratisan, kita pasti skarang lagi sibuk miring miring nyari angle yang bagus buat motret. Hahahaha. Udah miring miring, jereng jereng, eh hasilnya gagal. Failed banget dah.

Kalau begitu, mari kita serahkan pada ahlinya saja.

4 Comments

  1. biachubby

    February 25, 2016 at 1:33 am

    uuu bermanfaat sekali
    terima kasih mamindo

  2. opipolla

    February 25, 2016 at 9:09 am

    macamaa bunda biaaaa.. hihihi

  3. motoapk thanks

    May 1, 2017 at 12:02 pm

    Thank you ever so for you article. Fantastic.

  4. rayamakyus

    July 20, 2017 at 1:37 pm

    terima kasih informasi maha pentingnya 🙂

Leave a Reply