Berjuang di Dapur

Suka seneng dan iri deh liat temen-temen yang pada jago masak.  Masakin yang enak-enak buat suami dan anaknya, mulai dari menu tradisyenel sampe internasyenel, terus di aplot aplot
masak dulu, cekrek.
masak dikit, cekrek.
masak banyak, cekrek.
Akyu kapan ya bisa cekrek cekrek, eh, jago masak kaya mereka.. T_T

Syedih… track record masak aku buruk banget banget banget banget.  Aduh kalo diceritain mah bisa bikin cry *lah ini nulis emangnya bukan mau cerita?!*
Oke kalo goreng-goreng mah aku lancar lah, walo seringnya full equipment macam giniiihh
me-in-the-kitchen viral meme
Kalo aku masak itu alat dapur keluar semua, padahal cuma masak 2 menu makanan. Cape nyuci piringnya cyinttt…
Tapi itu goreng-goreng juga kadang suka diprotes Papatunk, aku masukin bahannya pas masih minyaknya belum panas huhuhu.. Kalo udah panas terus baru masukin bahan aku takut minyaknya bletuk bletuk trus kena tangan sama muka aku, kan panas, zzzzz T_T yaudah ya percis banget ama meme nya.
Papatunk kan seneng intip ya, bukan ngintip ya, kalo itu mah aku juga suka, hahahahaha.
Intip tuh kerak nasi yang dikeringin khas Klaten, trus digoreng nanti ditambahin garem dikit,diaduk. Enak deh… jadi kriuk kaya kerupuk.
Dulu masak intip pun aku masih gagal, teknik masak intip ini tuh luar biasa, mesti dimasak di minyak panas yang apinya kecil. Nah loh, aku kan gabisa mencemen, kalo apinya kepanasan, intipnya jadi keras, kalo ga panas, intipnya jadi ga ngembang, sama keras jadinya.
Bikin sambel tahu (tahu digoreng, diulek sama bawang putih dan cengek) doang juga keasinan.  Soalnya ditambahin garem lagi, harusnya ga usaaaahhh. T_T
Gayanya kalo weekend pengen bikin pancake nyontek resep instan yang di facebook, telor ama pisang ambon itu lohhh.. hasilnya? buyatak. Ga sesuai sama gambar di resepnya. Jauh. salah kali tuh resepnya ko aku hasilnya ga kaya gitu sih??!!
Sampe ibu-ibu di SPM bikinin aku rumus masak dong ((rumus masak))
Yang paling happening dalam hidup aku adalah pas mau bikin bubur kacang ijo buat endo pas dia 7 bulan, weeesss… gaya bener. Bikin bubur kacang ijo homemade.  Tau endingnya? kacang ijo nya HILANG. iya, HILANG. Ko bisa? bisa lah…
Jadi kan waktu itu, mau berangkat ngantor tuh niatnya biar cepet, masak bubur nasi buat endo secara manual di kompor pake panci, nahhh bubur kacang ijo pake rice cooker.  Biar sekali dayung dua tiga bubur terlampaui lah niatnya.  Kenapa ga di kompor duaduanya? karena pancinya cuma tinggal satu, dua panci yang ada udah gosong dipake gagal juga bikin bubur sama mami endo *siapa sih ini si mami endo? ngerusak aja kerjanya*
Kan udah keren ya, kebayang endo sarapan bubur ayam trus snack siangnya bubur kacang ijo pasti dia tambah sayang ama maminya.  Kacang ijo nya udah direndem kan semaleman, lalu sebelum dimasukin ke rice cooker, aku blender dulu biar lembut kan masih 7 bulan ya, takutnya belum siap kalo keselek kacang ijo.  Terus aku masukin ke dalem rice cooker, sama air se-bak, eh secukupnya buat bubur, lalu jetrek, cooking.
Sambil jagain kacang ijo, aku ngudek-ngudek bubur ayam, kan takut gosong (lagi).  Begitu seterusnya. Tapi ko ya ini kacang ijo di rice cooker, bleber banget airnya, biasanya kalo nanak nasi kan cuma uapnya aja, ini ko ya bleber bangetttt. Aku elap elapin aja airnya.
Sampe udah lama, aku baru inget “wah kayanya enak nih dipakein jahe dikit biar anget anget”.  Pas dibuka, KACANG IJO NYA ILANG DONG.
Kemanaa??? ternyata yang bleber aku elap-elap tadi itu kacang ijonya T_T yang tersisa hanya rice cooker yang kosong. T_T bubur kacang ijonya ada di elap.
Aku mami lucu macam apa.
Usut punya usut, selidik punya selidik, harusnya itu kacang ijo ga usah diblender dulu napa sik???!!!! Kan jadi lebur menyatu dengan uap air!!!
Sudahlah… aku memang belum beruntung saat itu *emang saat ini udah?*
Ya aku sebenernya ga parah-parah banget sih kalo lagi sehat, waktu itu pernah masak beef teriyaki walo kuahnya masih kurang, ini mah gampang kan ada bumbu teriyaki dari saori tinggal tambahin kecap dikit laahh..
Masak intip pun udah berhasil, intinya harus sabar nunggu minyak panas dengan sendirinya dengan api yang kecil.
Aku sih masih mencoba masak sih di rumah, tapi seringnya buat endo doang.  Kan kalo ga enak dia gabisa protes. HAHAHAHA.
Aku tau rumus masak yang basic itu adalah bawang putih + bawang merah trus tinggal improvisasi ya pake lengkuas lah, ya pake bawang bombay lah, ya pake apapun lah.. Tapi ya itu buat improvisasinya itu yang ga kebayang mak! Aku ga punya daya imajinasi T_T
Bener deh, seandainya makanan bisa di donlot.
Jadii.. buat temen-temen yang jago masaknya, tolong dong aku diajarin masak.  Aku sangat ingin bisa masak biar Mastunk kan makin kesengsem sama aku.. eaaa eaaa~~
Plisss.. ajarin aku masak T_T

7 Comments

  1. Mitmit Tea

    January 7, 2016 at 4:17 pm

    Bwahahahaahhahahaha #ngakakjengkang itu pas bagian burcang nya ilaaang. Bupiii cobain resep2 d cookpad deh, ku jg banyak belajar dr sana, trs aku masuk grup langsung enak sama suka masak, lumayan banyak resep2 yg simple loh. Tetap semangat belajar ya bupi…

  2. opipolla

    January 8, 2016 at 2:54 am

    aduh bumit.. aku pun saat itu pengen ngajengkang waktu kacang ijo nya ilang T_T

    aku suka liat2 cookpad tapi bumitt.. sekali kali suka berhasil tp pas mau masak lagi ya mesti buka cookpad lagi wakakak ribet banget yakk..

    share resep dong bumitt

  3. Eva

    January 8, 2016 at 9:53 am

    beneran ihh mommy endoo… kita sebagai mahmud, memasak adalah hal yang "istimewa" hehhee… paporit aku masak.tv simple ala2 anak muda getoohh.. hehee.. skr udah lumayan lah gak ceplok telor pisan 😀

  4. opipolla

    January 11, 2016 at 2:00 am

    aku baru cuss ke masak.tv, ihh cool banget menu2nya.. boleh dicoba ah nanti

    thaaankss mama nanda..

    nanti jangan lupa ajak kemping tea yaaa

  5. Mitmit Tea

    January 11, 2016 at 3:09 am

    Resep apa? Banyak resep copas an mah tp banyakan blm d praktekin (da males tea) ahahah

  6. iin kurnia sakinah

    March 21, 2016 at 4:14 pm

    aduh teh opi, maafkan aku menertawaimu! hahahahahahaha!

    1. opipolla

      March 22, 2016 at 10:47 am

      HEH! ajarin napaaaaa

tulislah komentar pada tempatnya, yuk!