Milestone-nya Endo

Dalam rangka hari Ibu dan dalam rangka menyambut tahun 2016, akyu mau flashback milestone nya ceu endo aja deehhhh. Walo agak2 lupa. Tapi yakali biar sebagai mami yang perhatian ya di hari ibu ini.. wakakakaka

Tanggal 22 Desember ini, berbarengan dengan hari ibu, endo genap berulang bulan yang ke 20… YEAY!! congrats ceu endo! Banyak hal yang udah dicapai sama ceu endo walo agak selow sih dia.

1 – 3 bulan  

Di bulan bulan pertama ini akunya yg perlu dicatet milestone nya, sebagai ibu baru, surely aku merasakan yg namanya baby blues T_T hampir sebulan pertama rasanya sedih banget, pengen nangis, aneh ko ini tiba2 ada bayi yg nangis terus tiap malem, gabisa bobo nyenyak apalagi bobo cantik, minta nenen terus tiap jam, minta gendong terus tiap saat kalo ga ini bayi nangis kan pegel pengen bobo selonjoran.  huhuhu.. kenapa jadi begini hidup akuuuhhh

Tiap malem sebulanan itu, aku bobo sambil duduk dg endolita bobo dipangkuan aku.  Cuma dengan cara itu dia bisa bobo tanpa nangis.  Diboboin di bouncer sambil dikasih getar2 cinta, cuma tahan 3 jam abis itu nangis lagi.  Udah nyoba disuruh bobo sambil dengerin kresek2 suara radio, tahan 2 jam abis itu…. cry… akunya cry juga. Cape mamahhh.. Tapi saat itu konsisten tiap bobo malem lampunya dimatiin.

Belum lagi soal mandiin, nyebokin, gantiin baju.. bentar bentar pipis, bentar bentar ee, bentar bentar mesti dimandiin.. Aku pengen ngerjain semuanya sendiri tapi gabisa, nangis lagi huhuhu… itu yg paling menyedihkan di bulan pertama.  Perkembangan endo nya mah pesat banget dia.

Di bulan kedua baru deh bobonya bisa teratur ngikut jam bobo mami ayahnya, jam 8 ato 9 malem udah bobo, tinggal matiin lampu nenen trus bobo deh betiga. Yeaayy.. tapi siang2 masih pengen digendong terus ga mau lepas, kadang sambil beberes sambil digendong pake hanaroo biar kuat walo ribet makenya, udah bisa mandiin sendiri juga, horeee~~

Bulan ketiga sama, udah agak sedikit bisa menguasai medan perang yg ga bikin tenang karna mau masuk kerja mesti ninggalin endo, sedih banget lahhh.  Rasanya pengen resign, seperti semua working mom pada umumnya.  Ditambah belum dapet pengasuh, saat itu daycare blm jadi alternatif karena masih parno banget, padahal setelah baca blog nya annisast tentang daycare jd mengubah pandanganku *telat baca T_T* Lalu stok asip pun masih dikit huhuhu.. unprepared banget lah saat itu.

4 – 6 bulan 

Ahirnya tiba saatnya masuk kerja, galau tingkat dewa bujana boookk… mana waktu itu masih PP naek motor kalo ke kantor, perjalanan jauh banget 1- 1,5 jam kaya turing, tuur kering, secara rancaekek-dayeuh kolot yang mana kalo lewat tol cuma abis setengah jam doang dan ga cape. Seandainya motor bisa lewat tol *ngelamun* pernah sih nyoba masukin motor ke tol, tapi sudahlah…

Nahh karena perjalanan yg panjang dan melelahkan ini, bikin aku uring2an dijalan hihihi kesiyan Mastunk, mana doi saat itu lagi ngerjain thesis wakakakak.. parah deh aku istri yg ga patut dicontoh. Uring-uringan gegara pengen lama2 sama endo, tapi waktu abis dijalan huhuhu.. bete bete bete

Jadiiii hiburanku pada saat itu cuma… motoin endo dengan berbagai tema! Sebelum berrangkat kerja kan dia udah mandi tuh, trus mikirin ide mau dipoto dengan tema apa yaakk lalu.. ini dia

mulai dari jalan ke malioboro
jadi putri duyung
jadi model vidklip SNSD “party”
jadi rapunzel

Sekarang udah susah banget pengen moto dia pake tema ih, suka salut sama mamih mamih yg anaknya jadi selebgram, saluuuuttt…

Di usia ini ternyata endo masih mengalami growspurt, sedangkan stok asip menipis, omigod, aku kelelahan dan stres karena jarak tempuh kantor yg jauh *alesan* Pas aku tinggal kerja endo bisa ngabisin 1,2 L donggg.. sedangkan selama di kantor aku cuma bisa pumping 800ml 🙁 sempet nyalahin dot yang menyebabkan daya isapnya berkurang lah, sempet nangis2 sepanjang malem gegara gamau ngasih susu lain buat endo, tapi Mastunk dengan sabar ngasih pengertian..

Ahirnya di usia 5 bulan 2 minggu dia stop minum asip dan pake susu tambahan, aku merasa gagal :((( sangat gagal.. produksi asi aku smakin menurun tapi kecantikan aku tetap membahana sih.. :((( jijay ga  bacanya? sama. wakakakaka.. sungguh kejadian ini bikin aku belajar banyak deh, aku berenti jadi ibu2 rese yang sok idealis, wakakakakak..

Usia 4 bulan alhamdulillah endo udah bisa tengkurep sendiri.  Cuma satu waktu itu yang jadi tanda tanya kita sekeluarga, cara bikin endo senyum kumaha nya? Dia dari kecil udah cool bangetttt.. sudah bikin dia senyum apalagi ketawa.. hahahah.. Bapakku ampe guling gulingan jg tetep aja lempeeengg..

Sempet juga terjadi pertukaran pengasuh di bulan2 ini, selama seminggu sempet ga ada yg ngasuh endo, ini bikin sutrisna juga.  Karena aku ga tega sih endo diasuh sama neneknya, ya udah ngasuh anaknya ngasuh cucunya pula. duh.  Disinilah moment ketemu sama Umi Ida, pengasuh endo sampai saat ini. Ibaratnya nih endo tanpa umi ida bagai ambulance tanpa uwiw uwiw.

Wooo di usia 5 bulan 3 minggu adalah 1st travelling endo, mudik ke Klaten dong, pake kereta, yippiyyy… deg degan pasti ya, karena takut endo gabisa tidur, ga nyaman ato parahnya ngadat di kereta. Oh noo…. tapi ternyata dia emang suka jalan jalan, aman. bobo aja doi selama di perjalanan.. cucok banget jadi partner travelling lah ceuceu endo mah *brb ajak ayah ke Legoland*

6 – 9 bulan 
6 bulan kurang 2 hari endo udah tak kasih makan, emaknya ga sabaran hahaha.. niatnya pake metode BLW gitu lah biar mandiri.  Asoooyyy..

makan kabocha

BLW mah sebenernya kalo ada aku di rumah, kalo sama Umi mah ya makannya tetep disuapin.  Walo sekarang kebiasaannya endo disuapin, tapi jejak BLW banyak banget, di usia 8 bulan endo udah bisa makan ceker ayam sendiri dong, tulangnya dilepehin! uwow! hebat sekali anakkuuuh~~ *proud* cuma ceker sapi yang belum dicoba *mikir*

bingung liat ceker ayam

Lately dikasih tau sama Pak Lik nya endo, Om usup, kalo ceker ga baik juga sih buat anak kecil, karena segala macem penyuntikan obat buat ayam ternyata ngumpulnya di kaki.. serem boookkk..

Usia 8 bulan juga endo udah bisa ngerangkang, ga jauh dari dia bisa duduk sendiri sekitar 6 bulan lebih. Emang keitung cepet sih endolita bangbang ini, kupikir dia anak kinestetis yg akan lancar jalan dan lari usia setaunan.. hihihi tapi ternyata….

Gigi udah tumbuh 2 bijik yang bawah, menyusul gigi atas 2 bijik juga. total di usia 9 bulan gigi udah ada 4, lucuuu kaya cepot :3

Ekspresi muka masih datar ya buebu… masih susah senyum. oke baiklaaahh


10 – 12 bulan 
Dikit banget yang bisa diinget di usia segini, yang pasti pertumbuhan gigi sangat pesat pertumbuhan rambut masih sangat selow -__-

Udah dicukur yang ke dua kali, katanya  biar cepet numbuh, manaa??? sama aja malah sayang mulai lagi dari 0, nunggu lagi rambutnya panjang, hih!

usia 10 bulan

Ini poto usia 10 bulan, horeee dah bisa senyum, mesti harus ekstra guling guling ampe heboh banget, giginya dong udah mau numbuh lagi 2 di atas.  Rambutnya dong masih aja belum numbuh sejak digundulin lagi.

Ngerangkang makin cepet, tapi ko belum bisa jalan yak. ngomong juga belum, shanthaiii…

Udah mulai punya hobi, nonton upin ipin diajarin ateu Ulan, tah ateu taahh.. sesuai ama rambut.

Tepat setaun di bulan April, alhamdulillah.. ga ada perayaan apapun yang penting selamet, sehat sentosa sejahtera rambut cepet numbuh.

13 – 15 bulan
Aduh usia ini juga banyak lupanyaaa.. yang pasti gigi udah hampir numbuh semua, rambut masih tetep sekelewer kelewer doang. huft.

Masih pinter ngomong “menyem menyem menyem” “bejeb bejeb bejeb” dengan muka lempeng jarang ketawa. huhuhu.. the coolest baby on earth kali ah

Pas 14 bulan lebaran di Klaten, di mbah uti, senengnya minta ampun. Nahhh disini moment endo ahirnya mau belajar jalan.  Kan kalo anak belum tercapai milestone nya kadang sebagai emak2 suka hawatir sendiri ya, jadi membandingkan sama anak lain, begitupun dengan mami endolita.  Hawatir banget, jangan2 gegara jarang dilatih, keseringan di gendong dan kekhawatiran lainnya.  Padahal mah emang anaknya aja belum mau jalan sik.. Endo cepet banget dia dari belajar jalan sampe jalannya, kurang lebih cuma seminggu. Sirna sudah kekhawatiran mami endo.

Daann di usia segini endo masih aja mulungin makanan di lantai ato ga, makanannya diremek remek trus dipulungin dan dimakan huhhuhu..

16 – 20 bulan 
Ini masa-masa pindah rumah, yang awalnya sama orang tua sekarang tinggal sendiri.  Endo udah mulai bersosialita kaya mami nya.  Jalannya makin cepet, malah udah bisa lari lari.

Udah tau yang di mau walo belum bisa ngomong maksudnya apa, yang jelas kalo mau makan udah ngasong ngasongin makanannya minta dibuka.  Kalo ayahnya pulang dari alfamart beli cemilan udah pinter minta langsung dibuka, mau makanan apapun itu, kalo belum boleh ya dia nangis nangis -_-

Seneng main sama kucing, kebetulan ada kucing sekitaran komplek yang setia menemani endo bermain bahkan menemani makan, daaan ahirnya kata pertama yg endo ucapkan adalah.. “meeeng” sambil nunjuk kucing. Aku ibumu naaakkk layak mendapat kata pertama ituuu T_T

Tapi ahirnya bisa juga sih bilang mami, tapi bilangnya “imih” -__-

Sekarang udah bisa senyum seribueun, marebueun, bahkan ketawa ngakak tanpa usaha ekstra, yesss!!

Nenen juga masih kenceng, skarang kalo siang udah jarang minum susu tambahan , dan udah ga pake dot lagi sejak 17 bulan malah minta pake gelas *pinterrrr*

Lagi seneng dengerin maminya nyanyi sambil joget nginjekin kaki, maksudnya nari “if you’re happy, stomped your feet” dan begitu selese nyanyi lagu apapun pasti tepuk tangan. Lagi hobi banget tepuk tangan, ampe selese minum obat juga mesti tepuk tangan. Okey
Udah bisa geugeulisna, yaitu nyengir.. Ey -_-Lagi seneng ngaca sambil makan, eh apa makan sambil ngaca..

Udah bisa nunjukin soca (mata) tapi ke kepala T___T endo aku ajarin basa sunda soalnya kalo di rumah heuheu
Yahh itulah kurang lebih milestone nya endo yang kayanya kurang banget kalo dirinci atu atu..
endoo kenapa kamu lekas banget gedenyaa?? Tau tau udah 20 bulan aja, bentar lagi disapih T_T
Lain kali mau review milestone nya per bulan ah, kan cita cita di 2016 menjadi blogger sejaticaileeeee

 

1 Comment

  1. opipolla

    January 8, 2016 at 5:39 am

    ami dulu ngomong nya pas usia berapa bumit?

    ahh ami dulu deh yg punya adik hahahah
    sehat2 terus ya ami en ambunya.. :*

Leave a Reply