Klaten, P(a)lace to Live in

sumber photo : rumah klaten

Klaten kota yang tak pernah sedikitpun terpikirkan buat disinggahi, palingan kan kalo main biasanya ke Jogja, eh skarang jadi kampung halaman akoh.  Tau Klaten aja baru pas kenalan ama Papatunk dong. Sebelah mana tuuhhhh… Jedang!

Klaten yang berada ditengah Jogja – Solo ini ternyata punya pesona yang sangat memikat, sama kaya  Papatunk, penuh pesona dan memikat *HALAH*

Tiap pulang Klaten pasti seneng, pasti jadi gemuk, balik ke Bandung kurus lagi. Hahaha..  Bukan apa-apa kerjaan disono cuma makan tidur makan tidur doang, mana makanannya enak-enak aku tak bisa menolaknyahhhh.. Pulang ke Klaten ga banyak fikiran, ga macet, ga penat, kemana-mana deket, cucok emang, syurgaaaa.. sooo refreshinggg...

Di Klaten saatnya baju2 lekbong dan hotpants ceu endo bisa dipake, secara panas banget yaaa.. di Bandung kan jarang pake lekbong karena dingin mak!

Klaten, menurutkyu, meski kotanya kecil tapi lengkap segala ada.  Emang sih ga seheboh tempat kongkow, mall di Bandung.  Kalo mau ke mall mesti ke Jogja ato Solo, tapi tetep deket dan ga macet yang penting mah itu hahaha.. mau belanja bulanan emang ga ada Carefour, Griya, Hypermart, Hero, dan semacamnya, tapiii ada toko Laris yg tersebar di seluruh penjuru Klaten.  Duh mau meriksa ceu endo nih ke dokter ato mau pijet bayi juga ada dong tinggal ngegelinding ke depan gang komplek udah nyampe ada dokter Samad juara se-Klaten dan bu Nur, ahli pijet bayi di klinik dokter Samad.

Mau belanja sayuran, ihhh disono murah-murah mak! tempe sebungkus yg pake daun ituu isinya 2 lembar tempe, kedele semua itu, cuma 200 rupiah ajaaa.. 200! T_T kayanya 300ribu buat isi kulkas sebulan cukup kali ya mak.. *ngiler* kebayang hematnya uang belanja kita, bisa buat beli SKtunk ato lipstik 500k ituuuuhh. hahahah

Belum lagi makanannya yang enak-enak, uwow.  Belum semuanya kejajal sih tapi tiap kesana mesti dateng ke beberapa tempat makan ini:
1.  Sambel Belut Megap-Megap Pak Yanto, tempatnya di deket Mts. Muhammadiyah kalo ga salah, ambil arah ke Semarang via Jatinom, di sebelah kanan ada dehhh sambel belut pak yanto.  Bukanya dari sore sekitaran jam 5 sore ampe malem

2. Bakmi Sabar Menanti, ada di Jl Pramuka, bukanya sore juga ini.  Selain bakmi demit biasanya sih makan bakmi ya kesini tapi mesti sabar ya kalo mesennya namanya juga sabar menanti hihihi.

3. Soto Barokah, di alun-alun Klaten. Akyu sih lebih suka makan garang asemnya kalo Papatunk sih soto nya tentu sajaaa.  Duaduanya enaak tenan :9 pokonya mesti dehh mampir sini kalo ga, pulang Bandung suka ga tenang *lebay detected*

4. Sop Ayam Pak Min Klaten, ahhh ini mah semua jg udah tau ya.. dimana2 ada.. tp yg paling enak menurut Papatunk dan ibu mertua mah yang di depan Kantor Penerangan Klaten, bukanya dari sore .  Kalo selow bisa kongkow2 soalnya tempatnya lesehan pinggir jalan enak binggow..

5. Gudangan, kalo ini mah belinya di depan gang rumah Ibu mertua, kayanya dimana2 ada deh.. aduh 2ribu udah kenyang pake nasi gudangan pake lethok juga

6.  Bubur Lethok, ini juga deket rumah, iyaa bubur pake lethok.. enakkk

penampakan : yg tahu dan kuah itu dari lethok, yg sayuran itu gudangan, 
bisa pake bubur bisa pake nasi
ps. maaf ga pake credit, sumbernya unknown 🙁
 
 

Udah, baru nyoba segitu makanannya. huhu.. katanya goreng burung dara enak juga tapi belum sempet nyobain.  Ada juga sambel belut yang di deket stasiun Klaten tapi buatku masih juara pak Yanto, belutnya lebih gede2 soalnya *uuwwhh aku suka yg gede2*

Nahhh yg belum dijajal itu adalah tempat rekreasinya, Papatunk ngajak kesana kesini tp belum belum aja zzzzz… -___-”

Beberapa tempat yg Papatunk ajak tapi belum jadi aja adalah.. :
1. Umbul Ponggok, yang tempat snorkling itu loohhh.. buat yang lagi belajar nyelem bisa banget nih soalnya air tawar dan ga ada arus kan.. buat beginner cucok lah yeee

2. Pemandian Sumber Air Cokro, kebayang dong segernya mandi disini.  sumber air sudekat..!!

3. Museum Gula Gondang Winangoen, ga cuma isinya gula gula, gundul gundul bahagia, tapi ada permainan anak kecil dan ada kolam renangnyaaaa..maooooo…

4. Rowo Jombor/Jimbung, tempat makan diatas rawa.. jangan takut kejebur. wkwkwk

5. Candi Prambanan, pengen nonton sendra tarinyaaa..jadi batas kota Klaten itu ya sampe Candi Prambanan ini, candi ini bukan masuk ke Jogja. Dulu eyk juga mikirnya gitu. haahhaaha..

6. Gunung Merapi, pernah sih ke Deles, sejuk banget.. tapi cuma hutan doang.. hihihi, bisa lah sambil botram bawa makanan ngampar ngampar di rumput.

Ayo Papatunk ajak aku jalan jalaaann.. kita pulang Klaten yuuk..

9 Comments

  1. opipolla

    December 2, 2015 at 8:46 am

    ambu kuliner ngasih komen aaaakk.. aku tersanjung 7!

    aku malah blm coba yg di Bandung, ada dimana sih bumit? pernah ada tuh kan di bubat, pernah nyoba tp kata Papatunk kurang enak..

    yg di Klaten tuh ada beberapa sop ayam pak min tp yg paling enak yg di penerangan ituu.. enak binggoooo

  2. Mitmit Tea

    January 7, 2016 at 4:22 pm

    This comment has been removed by the author.

  3. Mitmit Tea

    January 7, 2016 at 4:23 pm

    Yg di bubat udh tutup,teu payu cigana. Cm tinggal yg di sayati aku liat (yg pasti denger tempat na ge udh langsung haro dgn macet dan hese parkir na) ahaha

  4. Mitmit Tea

    January 7, 2016 at 4:23 pm

    Yg di bubat udh tutup,teu payu cigana. Cm tinggal yg di sayati aku liat (yg pasti denger tempat na ge udh langsung haro dgn macet dan hese parkir na) ahaha

  5. Mitmit Tea

    January 7, 2016 at 4:25 pm

    Yg di bubat udh tutup,teu payu cigana. Cm tinggal yg di sayati aku liat (yg pasti denger tempat na ge udh langsung haro dgn macet dan hese parkir na) ahaha

  6. Ety Abdoel

    January 22, 2016 at 9:48 am

    Salam kenal Mba, saya tinggal di Karanganyar, solo. Semoga kapan-kapan bisa ketemuan.

  7. pipit

    January 22, 2016 at 11:08 am

    wah.. tempat wisatanya tampak menarik 🙂 baru ke prambanan doang, yang lainnya belum pernah karena gak tau 😀

    btw salam kenal yaaa

  8. opipolla

    January 25, 2016 at 6:54 am

    ihh pengen banget ketemuan yuuu…

    kalo saya pulang klaten, ajak jalan di karanganyar yaaa…

  9. opipolla

    January 25, 2016 at 6:55 am

    berartii.. mesti dijajal dong Klaten nya, minimal nyicipin makanan yg kutulis itu mbaak. yukyuk

Leave a Reply