Tentang Arti Namakyu~~

 

 

Halah judulnya centil banget 😛 😛
Biar lah ya, biar kekinian dan tetap seperti ABG << ga inget umur hih!
Udah lama ga nulis blog, sebulan sekali juga udah untung, Gustiiiiiii…. T_T ide banyak meluap luap didalam kepala tapi giliran mau ngetik ko ya susah banget keluarnya.  Kemudian dapet info kalau ada GA dari blognya teh Armita (halow teteh salam kenal) ahirnya aku semangaaattt!! Walaupun taunya mefet *pake f* huhuhu…

Kali ini saya mau bahas nama sendiri aja deh ah, kan nama aku sendiri cukup dibilang berkesan yah, suka banyak yang salah sebut nama, iya kalo jadi bagus, lah ini??!! KZL.  Soalnya kalau nyeritain nama anak sendiri sih udah, sekarang giliran emaknya.
>> baca juga : Kinania dan sejarahnya <<
Nama saya itu Ropiatu Jaliah, duh jangan tanya artinya, ortu saya aja ga tau itu artinya apa *YAMASAAA??!!* soalnya yang ngasih itu tetua kampung saya dulu waktu kecil.  Kedengerannya kaya saya hidup dimana gitu ya, ampe ada tetua.. dan sekarang tetua itu udah meninggal setelah adik saya dilahirkan yang mana adik saya pun diberi nama oleh beliau. hiks.
Ahirnya karena saya penasaran abis sama arti nama saya, yowis saya nyari artinya sendiri dan nyambung-nyambungin sendiri *ciyannn T_T*
Setelah saya browsing, kemungkinan nama Ropiatu itu diambil dari asmaul husna, Rofi, yang artinya Yang Maha Tinggi. Subhanalloh sekalihhh….. kalau “Atu” nya mungkin ngambil dari kata “satu” tapi dilucu-lucuin jadi “atu” *pukul manja*, kan saya anak pertama.
Lalu Jaliah, kemungkinan diambil dari asmaul husna juga, Jalil, yang artinya Yang Maha Luhur.  Subhanalloh sekalihhh pangkat dua. Eits hati-hati jangan sampai salah nyebut jadi Jahiliah, rawan typo banget nama belakang aku..
Tapi ya tapi, sesungguhnya kalau kita mau ngasih nama anak kita dengan asmaul husna, di depannya harus pakai kata Abdu, yang artinya hamba Allah.. make sense karena tidak boleh ada yang menandingi nama-nama terbaik dan terpuji milik Allah.  Arti nama aku itu cuma sebatas karangan aku aja yang nyambung-nyambungin artinya hihihi.. maafkan hambaMu ini Ya Allah…
Back to arti namakyuu,, kalau hasil karang-karangan aku itu jadi Ropiatu Jaliah artinya “Anak pertamaku semoga punya hati yang luhur dan kedudukan yang tinggi” AMINNN…
Aduhai, arti nama yang sangat mulia yaa teman teman??? Tapi nama sebagus dan seunik itu *timpuk!* kadang suka salah dibaca orang, huwaaa~~~ kalo lagi daftar-daftar ke dokter ato kemanapun kebanyakan suka salah nama, ya jadi Ropiah lah, ya jadi Ropiatun lah, ya jadi Ropian lah, seenaknyaaaaa..
Yang paling berkesan salahnya waktu didaftarin di Rumah Sakit Tegalyoso sama Bulik, kebetulan Bulik kerja disana dan aku mau daftar ke dokter bedah.  Kemudian didaftarin Bulik via telpon yah nanya namakyu, disebutkanlah namaku dengan spelling atuatu pake Romeo Alpha Romeo Alpha buat meminimalisir salah nama.  Tapi surpriseeee… nama yang tertera jadi Opi Ropiyatu Yaliad *nangis kokosehan* Ya atuh wajar ya, Bulik aku itu dari Klaten dari pihak misua, tau nama asli aku aja engga cuma tau panggilan aku doang terus dikasih nama yang ga biasa.  Kalo salah denger juga gabisa dikira-kira kan arahnya ini nama kemana. huhuhuhu..
Aduh nama aku itu memang unik sekaleeee.. walo suka banyak salah salah nyebut dan aku bangga ya karena jarang banget nama Ropiatu Jaliah coba aja googling *timpuk lagi*
HAHAHAHAHA… mamahhhh maap anakmu ini narsis…


Tulisan ini diikutsertakan dalam rangka Give Away “Nama yang Paling Berkesan” oleh Mbak Armita Fibriyanti 

Banner-GAarmitafibri

4 Comments

  1. Mysweet Ladyluck

    November 10, 2015 at 11:45 am

    Betul2 unik, "Ropiatu Jaliah" 🙂 pemiliknya pun cantik menarik sedikit nyentrik, suka akik (gak?)..

    Smoga mjd pribadi sesuai harapan n doa yg terkandung dlm namanya, insya Allah.
    Haturnuhun neng Opi .. nice article :).

  2. Armita Fibriyanti

    November 12, 2015 at 8:21 am

    Iya Mba, namanya unik. Saya baru nemu..

  3. opipolla

    November 26, 2015 at 9:20 am

    ihh baru buka blog aku..hihihi

    makasih teh,, aku ingin sekali suka akik siapa tau bisa jadi uang ya teh. hahahah

    teteh selamat yaa blognya menang! yipiiiyyy…!!

  4. opipolla

    November 26, 2015 at 9:21 am

    makasih teeeehhh.. iya ini dari beberapa nama yg disodorin tetua itu untung yg dipilih nama yg ini teh jadi kemungkinan ga ada yg sama

    boleh atuh nama saya jd inspirasi nama bayi di tempat konsultannya teh armita *ngarepppp*

Leave a Reply