Mengintip Sekolah Alam Pelopor Rancaekek

Eits.. nyebut nyebut Rancaekek ada yang kesenengan nihhh *tunjuk diri sendiri*
Ya habisnya biasanya Rancaekek itu booming kalo pas 2 hal, musim banjir sama musim mudik. lol.
Tapi kali ini lain sodarah sodarah, di Rancaekek ternyata ada sekolah alam keren! Dikira di ekek cuma ada tekwan semar legendaris sama cewe idola masa depan Kinan RCK4848 doang muihihih…
Wah begitu tau ada sekolah alam, langsung deh saya dan Mastunk semangat buat nyekolahin Endo disono.  Selain deket dari rumah paling cuma tinggal ngegelinding doang, sekolah ini kan berbau-bau alam jadi biar Endo nantinya jadi anak ramah lingkungan. lol.

Sekolah Alam Pelopor yang disingkat jadi Apel, ini punya konsep back to nature yang menjadikan alam sebagai media anak untuk belajar.  Bisa dilihat dari lingkungan sekolahnya itu asri bangetlah, sejuuuk karna banyak pepohonannya.  Setiap ruangannya terbuat dari bambu, baik ruang kelas maupun ruang gurunya lebih kaya vila dibanding kelas deh ah. Di tiap sudut ada tempat cuci tangannya, tong sampah dibedain jadi organik sama anorganik. Ada hewannya juga, kebanyakan burung sih.  Katanya dulu mah lengkap, ada kelinci, ada kambing, tapi karena bau jadi sekarang yang dipiara cuma burung doang.  Ada burung kakak tua, burung merpati, kalkun, banyak lagi deh.. ga hapal semua. hahaha… Beralamat di Jl. Kaktus Raya No. 11, gampangnya yah, kalo masuk dari SMA 1 Rancaekek itu tinggal luruuuss teruuusss sampe ketemu sekolahnya ada di sebelah kiri jalan.
Terus yang uniknya belajarnya ga melulu di kelas, si murid disuruh explore juga di outdoor. Misal nih si anak lagi belajar tentang proses menanam padi ya langsung dia wawancara sama petaninya.  Selain ada berbagai macam burung, kambing, ada sawah di tengah lingkungan sekolah, aneka permainan ketangkasan, bahkan Apel ini punya panggung diatas kolam! WHAT?? Unik banget kan! Cencuuu ajaaah.. Jangan lupa perpustakaannya di pinggir sawah, adeeemm bangetttt…..

 

panggung diatas kolam

 

Cara belajarnya juga katanya cukup asik, langsung terjun ke lapangan, wawancara lah, outing lah, nari di atas panggung kolam itu lah.  Kan mereka punya 6 petak sawah di dalem sekolahnya itu tuh milik anak kelas 1 – 6 SD masing-masing satu petak.  Ke sekolah cuma pake seragam 3 hari aja sisanya pake baju bebas dan boleh nyeker dong. Seru ya!

Sekolah Apel ini juga menerapkan sistem pendidikan inklusif  yaitu sistem layanan pendidikan yang mensyaratkan anak berkebutuhan khusus belajar di sekolah biasa bersama teman-teman seusianya. Jadi ga ada perbedaan disana, bahwa anak spesial harus sekolah di sekolah khusus juga. BIG NO. Anak jadi belajar kan? Cuma untuk satu anak spesial ada satu pendamingnya. Jadi inget sekolahnya Toto Chan ga sih? dimana si anak bebas mau belajar apa aja sesuai yang diinginkan, bebas jadi dirinya sendiri.
Sekolah Apel ini dibuka mulai dari usia 2.5 tahun, masuknya Kelompok Bermain (KoBer).  Tadinya Endo mau masuk Kober ini waktu ada drama sama pengasuh awal tahun lalu tapi belum cukup umur ternyata hahah yowis lah ya toh ahirnya balikan lagi ama pengasuh Endo uwuwuwu~~ Lalu ada PAUD, TK dan SD nya.
Biaya pendidikannya cukup terjangkau kok, pendaftaran awalnya Rp. 3juta. Perbulannya Rp. 500rb kalau anak spesial ada biaya tambahan untuk pendampingnya kalo ga salah << info kurang valid bingit.  Soalnya kalo kesana biasanya pas weekend, kantor pada tutup. Alesaannnn..
Kalo mau tanya-tanya, biasanya yang punyanya suka ada di TKP kok dipanggilnya pak Haji.  Kalo mau liat-liat juga boleh soalnya suka dibuka tiap hari.  Banyak anak warga sekitar yang suka main disana kalo pas weekend.

Tiap saya kesana juga pasti ada aja tamu yang lagi benchmarking dari sekolahan seluruh Indonesia, ato mahasiswa dalam dan luar negeri yang lagi KKN.  Sekolah alam pelopor ini emang jadi sekolah percontohan buat sekolah seluruh Indonesia. UWOW!

Intip dalemannya Sekolah Alam Pelopor yuk!
 
ruang kelas yang lebih mirip vila, alas kakinya mesti dibuka 
panggung kamotekaran, enak gitu panggungnya ada di alam terbuka
sawah ditengah sekolah, di sekelilingnya juga sawah sih 😀
 aneka permainan ketangkasan

 

salah satu ruang kelas juga

 

ruang belajar karawitan

 

ini sekolah apa vila??? enak benerrrr
Seru kan sekolah disini, suasananya adem, sejuk, semoga beneran bisa jadi anak ramah lingkungan kelak kamu nak.. ga sabar pengen nyekolahin kamu disini

 

4 Comments

  1. Tina Afandi

    October 5, 2015 at 1:32 am

    Selalu iya dan setuju untuk sekolah yang inovatif dan inklusi. Ramah otak, memantik kreatifitas dan juga tetep cinta alam yaaa.. wahh,,beruntung Kinan bisa sekolah di sini. Saya sampe nangis2 loh baca toto chan. Semangat belajar!

  2. opipolla

    October 5, 2015 at 3:41 am

    hayu mamah sekarrr. sekar sekolah disini.. bareng sama kinan hihih

  3. Nur Susianti

    November 11, 2015 at 9:57 pm

    Beberapa tahun lalu pernah datang ke sekolah pelopor ini ngehadirin resepsi pernikahan teman di apel ini. Sekolahnya memang adem ya, kalau mau ke sekolah harus menyusuri pematang sawah. Jadi inget masa kecil dulu sekolah di deket sawah 🙂

  4. opipolla

    November 26, 2015 at 11:01 am

    iyaa setuju sekali mba memang adem sekolahnya.. kaya bukan sekolah deeehh.. ohh bisa juga ya dijadiin tempat resepsi, baru tau saya..

    mampir rumahku mbak kalo ke apel lagi 😀

tulislah komentar pada tempatnya, yuk!